Rencana Demo Masyarakat Diselesaikan Perwakilan PT. Nawakara Secara Kekeluargaan

Editor: 14/01/22

Saumlaki, Tanimbar, Kompas86.com. Rencana aksi demonstrasi masyarakat desa Lermatang kecamatan Tanimbar Selatan Kabupaten Kepulauan Tanimbar (Keptan) Provinsi Maluku, dipimpin Mayor (Purn) TNI AD, Moses Kelbulan hari ini, Jumat 14/1/2022 di Pengadilan Negeri (PN) Saumlaki berhasil diselesaikan melalui jalur mediasi kekeluargaan sesuai hukum adat Duan Lolat, oleh 2 orang Perwakilan PT. Nawakara pemenang tender Security INPEX untuk pengelolaan gas alam abadi wilayah kerja Blok Masela di Tanimbar, AKBP (Purn. Polisi) Joseph Urlatu dan Etus Ranolat.
Sesuai agenda, masa akan melakukan aksi demonstrasi di depan Kantor PN Saumlaki dan di Vila Bukit Indah tempat penginapan kuasa hukum termohon 1 P2T, termohon 2 KJPP dan termohon 3 SKK Migas.

Diketahui, 7 orang rombongan kuasa hukum TP2T, KJPP dan SKK Migas pagi hari tadi menyampaikan memori KASASI terhadap putusan PN Saumlaki tanggal 29/12/2021 yang dibacakan tanggal 30/12/2021. Dalam amar putusan perkara permohonan keberatan nomor : 59/pdt.G/2021/PN Sml, Pengadilan memenangkan pemohon keberatan dari para pemohon keberatan, Dominggus Kelbulan dan Ridolof Kelbulan serta menghukum termohon 1, 2 dan 3 untuk membayar biaya ganti kerugian pengadaan tanah di Nustwal Lermatang sebesar Rp.172.000 permeter persegi. Para termohon dihukum pula untuk membayar seluruh biaya ganti kerugian pengadaan tanah kepada para pemohon sebesar Rp.53.306.554.440. Padahal sebelumnya, para termohon telah menetapkan anggaran ganti rugi tanah senilai Rp.14.000 permeter persegi dalam musyawarah yang digelar di Kantor BPN Keptan tanggal 16/11/2021 silam.

Menurut Mayor (Purn) TNI AD Moses Kelbulan, masa dari Lermatang sudah bergerak menuju kantor PN Saumlaki untuk lakukan aksi demostrasi di hadapan tim kuasa hukum para termohon. Bahkan sesuai agenda, arak-arakan masa juga akan bergerak menuju ke Vila Bukit Indah yang dipergunakan oleh tim kuasa hukum termohon 1, 2 dan 3 sebagai tempat menginap mulai dari tanggal 13-15/1/2022.

Dia katakan juga, terkait hal tersebut jangan gunakan pendekatan hukum dan stabilitas keamanan bagi kami masyarakat Tanimbar yang hendak menyampaikan aspirasi. Pendekatan atau approach tersebut tidak akan pernah bisa menyelesaikan masalah, sebaliknya akan semakin memperkeruh keadaan. Beruntung PT. Nawakara sebagai pemenang Tender Security INPEX sangat cerdas dan mampu membaca situasi sosiologis masyarakat dengan mengakomodir anak-anak Tanimbar AKBP (Purn.) Polri, Joseph Urlatu dan Etus Ranolat.

Kami memandang Pa Urlatu dan Pa Ranolat sebagai saudara, keluarga dan sesama anak Tanimbar. Jika tadi bukan mereka berdua dan itu orang dari luar Tanimbar, situasinya akan jadi lain dan dipastikan aksi demo di kantor PN Saumlaki dan Vila Bukit Indah tetap berjalan dan suasana demo akan berbeda" kata Kelbulan kepada Pimpinan PT. Nawakara di Jakarta, Pa Rasmono dan Pa Lalu Hidayat, melalui telepon seluler milik Joseph Urlatu.

Ditambahkan, sebagai sesama anak Tanimbar pendekatan secara kekeluargaan dengan mengunakan hukum Duan Lolat lebih produktif dan sangat kami junjung tinggi. Karena itu, patut kami sampaikan salam hormat, apresiasi dan salut atas cara-cara persuasif dengan pola humanis sebagaimana ditempuh PT. Nawakara melalui Urlatu dan Ranolat semoga dijadikan model bagi perusahaan pemenang INPEX lainnya yang akan berkarya di Tanimbar, tandasnya.
(Anis Labobar)

Category: Uncategorized
author
No Response

Leave a reply "Rencana Demo Masyarakat Diselesaikan Perwakilan PT. Nawakara Secara Kekeluargaan"