PT. KMH Menghanguskan Beras Seratus,Kerbau Seekor Di Rencong Telang Kerinci


Kerinci,Jambi,Kompas86.com - PT.Kerinci Merangin Hidro (KMH) dikenakan sanksi oleh Rustam gelar Depati Tago selaku ketua adat Kedepatian Rencong Telang Pulau Sangkar Kerinci Provinsi Jambi menyatakan,"berdasarkan adat depati nan berenam, ninik mamak nan salapan, adat mengatokan air sudah disauk, ranting sudah dipatahkan, tanah nan sudah digali. Petitih adat lain jugo mengatokan, keruh air tengok ke Hulu, jernih air tengok ke muaro, tapijak arang hitam kaki, tapijak abu putih tapak" pada 04-03-21 berlalu.

Karenanya atas perihal tersebut, berdasarkan keputusan musyawarah bersama kelembagaan adat Rencong Telang, maka pihak PT. KMH didenda dengan menghanguskan beras seratus kerbau seekor. Hal tersebut juga telah disampaikan kepada Humas PT. KMH secara adat, gayungpun bersambut PT. KMH juga sudah menyanggupi serta mengakui kesalahan mereka.Merupakan suatu kewajaran dan dapat kita maklumi bahwa mereka belum tahu siapa lembaga adat yang berwenang di wilayah tersebut.

Wasyukurillah pada hari Rabu 27-10-2021, denda adat yang menghanguskan beras seratus kerbau seekor juga sudah bisa dilemakkan bersama anak jantan dan anak batino di lembaga adat depati rencong Telang Pulau Sangkar Kerinci yang diakui di dalam Kedepatian adat alam Kerinci secara sah sepanjang sejarah adat.

Hal serupa juga disampaikan oleh ketua adat rencong Telang secara bersamaan di lokasi acara, "Depati IV alam Kerinci merupakan Kedepatian tertinggi yang ada di alam Kerinci ini dan juga merupakan penguasa tanah ulayat yang sah sepanjang adat lamo pusako usang, bukan sebaliknya lembaga adat yang terbentuk baru- baru ini"tegasnya.
Lanjutnya lagi,kita juga sangat bersyukur karena pada hari ini kita sudah menemukan titik terang sehingga dengan sendirinya pihak PT. KMH dapat memastikan kebenatannya. Sehingga bersama masyarakat serta anak jantan dan anak batino di sini bisa melemakkan denda atas kesalahan maupun kekeliruan yang telah mereka perbuat, dan inipun kita maklumi, tuturnya.

Enam orang perwakilan Humas PT. KMH yang menghadiri acara kenduri tersebut juga menyampaikan,"secara teknis dalam pembangunan PLTA (pembangkit listrik tenaga air) di Kerinci, dimulai di bagian sisi kanan yang merupakan bagian dari tanah ulayat adat Rencong Telang, namun dalam hal itu terdapat kekeliruan atau kesalahan, kami yang tidak mengetahui mengakui kesalahan dan menerima konsekuensi tersebut dari Depati IV alam Kerinci, kami juga berharap semoga dapat diterima sebagai keluarga besar dalam ulayat adat Depati IV alam Kerinci, ucapnya.

Realisasi tidak lanjutnya penghangusan beras seratus kerbau seekor, mama padang Rabu 27-10-21 oleh lembaga adat Kedepatian Rencong Telang diadakanlah resepsi pengangkatan sekaligus pengukuhan pihak KMH menjadi bagian dari anak jantan dan anak batino sepanjang adat di ulayat Depati Rencong Telang Pulau Sangkar Kerinci, serta di lanjutnya pada senin 08-11-2021 penandatanganan perjanjian kedua belah pihak yang bertempat di Sekretariat kelembagaan adat depati Rencong Telang Pulau Sangkar Kerinci bersama pemangku adat, dalam hal ini pihak KMH diwakili oleh Asroli selaku Humas PT. KMH, perjanjian tersebut yang intinya adalah upaya membawa perubahan dalam kultur kemajemukan sumber daya alam di atas tanah ulayat Depati Rencong Telang Pulau Sangkar Kerinci Jambi, demi kemaslahatan dan kemakmuran rakyat umumnya.

 

(Zepriyandi)

Category: Uncategorized
author
No Response

Leave a reply "PT. KMH Menghanguskan Beras Seratus,Kerbau Seekor Di Rencong Telang Kerinci"