Pemko Dumai gelar sosialisasi sekaligus penyusunan tim grand design pembagunan

 Dumai, Riau, kompas86.com 

Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Bidang Administrasi Umum, Muhammad Syafei, S.Sos., M.Si, hadiri Sosialisasi dan Penyusunan Tim Grand Design Pembangunan Kependudukan (GDPK) 5 Pilar bertempat di Ruang Meeting Zuri II, The Zuri Hotel Dumai, Senin (22/11/2021).

Kegiatan yang ditaja oleh Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan (P4) Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Dumai ini adalah tindak lanjut dari Perpres No.153 tahun 2014, yang memiliki tujuan utama agar tercapainya kualitas penduduk yang tinggi sehingga mampu menjadi faktor penting dalam mencapai kemajuan bangsa.

Dalam laporannya, Plt. Kepala DPPKB Elyawarti, SKM menyampaikan bahwa GDPK ini penting dilaksanakan karena kurangnya perencanaan yang berbaris kondisi kependudukan, beragamnya data dan sumber data kependudukan, memperbaiki policitical will dan komitmen pemerintah, meningkatkan kepedulian para policy makers terhadap keterkaitan antara isu kependudukan dengan pembangunan.

Kemudian, Plt. Kepala Bappeda Kota Dumai Drs. Budhi Hasnul, M.Si selaku Ketua Tim Penyusun GDPK Kota Dumai memaparkan draft SK Walikota Dumai kepada para peserta sosialisasi tentang Tim Perumus Dokumen GDPK Lima Pilar Walikota Dumai.

Lanjutnya, Tim Penyusun yang akan dibentuk terdiri dari 5 Pilar, mencakup Bidang Pengendalian Kuantitas Penduduk, Bidang Peningkatan Kualitas Penduduk, Bidang Pembangunan Keluarga, Bidang Penataan Persebaran dan Pengaturan Mobilitas Penduduk dan Bidang Penataan Administrasi Kependudukan.

"Dengan pertemuan ini harapannya draft tersebut dapat kita bahas lebih lanjut terkait penyusunan Tim Perumusan GDPK sebelum nantinya disetujui dan ditandatangani oleh Wali Kota Dumai, Bapak H. Paisal, SKM, MARS," tuturnya.

Sementara itu, Asisten III dalam sambutan Walikota Dumai berharap dengan tersusunnya GDPK, Pemko Dumai dapat merumuskan perencanaan pembangunan kependudukan yang nantinya dijabarkan setiap lima tahunan yang berisi tentang isu penting kependudukan saat ini, kondisi kependudukan yang diinginkan, program kependudukan serta roadmap pembangunan kependudukan.

"Diperlukan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian dalam pembangunan SDM Indonesia sesuai amanat Presiden. Kepada seluruh peserta dari perwakilan OPD yang hadir agar berperan aktif dan mendukung penyusunan GDPK agar bisa menjadi suatu perencanaan kependudukan yang berkualitas sebagai pedoman kita dimasa yang akan datang,” pungkasnya

Turut hadir pada kesempatan ini narasumber dari Koalisi Kependudukan Provinsi Riau yaitu Dr. Drs. H. Hendro Ekowarso, M.Si, Dr. Agus Siswandi, SE, M.Si, dan Darnila Wati SE, M. Si, Kepala Bidang dan staf dilingkungan DPPKB, dan para peserta yang terdiri dari perwakilan tiap-tiap OPD di Lingkungan Pemko Dumai.

(AGUS TIAR SHN)

Category: Uncategorized
author
No Response

Leave a reply "Pemko Dumai gelar sosialisasi sekaligus penyusunan tim grand design pembagunan"