Monumen Moyang Bairia Akan Dibangun di Desa Temin Pulau Seira.

Saumlaki, Tanimbar Kompas86.com
Dalam rangka mengenang kembali sejarah nenek moyang dan leluhur kampung Weratan dan Temin serta desa Kelyobar yang telah dipersatukan oleh Tokoh pemberani yang dengan rela menyerahkan dirinya untuk mendamaikan kedua kampung yang bertikai di kala itu maka, pemerintah desa setempat telah merespon keinginan masyarakat Temin dan Weratan untuk membangun sebuah Monumen Bairia yang merupakan tokoh perdamaian yang mampu mempersatukan tiga desa, Weratan, Temin Seira kecamatan Wermaktian dan desa Keliobar kecamatan Tanimbar Utara Kabupaten Kepulauan Tanimbar (Keptan) Provinsi Maluku.

Demikian dikatakan salah satu tokoh adat Soleman Angwarmase kepada media ini di Saumlaki, Minggu 14/11/2021.
Hasil pembahasan adat yang dilakukan di desa Keliobar atau Urtatan mengenai sejarah moyang Bairia yang dituangkan dalam bentuk tulisan sejarah, telah diserahkan tua-tua adat ketiga negeri tersebut kepada Bupati Keptan, Petrus Fatlolon, SH, MH, untuk selanjutnya akan dibangun monumen tersebut dan akan dibukukan secara tertulis. Penulisan sejarah tersebut dimaksudkan agar generasi sekarang dan yang akan datang bisa mengetahui hubungan persaudaraan di antara ketiga desa tersebut", ungkap Soleman.

Menurut Wilsoon Laiyan Kepala Desa Weratan, rencana pembangunan monumen ini sudah diputuskan dalam Musyawarah adat atau Temar Lolan di Seira dan dirinya ditunjuk sebagai ketua panitia pembangunan monumen moyang Bairia sejak tahun 2016 silam. Disepakati masing-masing desa menanggung anggaran sebesar 20 juta rupiah.

Namun konsep tersebut tidak berjalan di era kepemimpinan kepala desa sebelumnya dari ketiga negeri tersebut. Barulah di era kepemimpinan Kades baru yaitu, Johanis Temin kades desa Temin, saya Wilson Laiyan Kades Weratan dan Sanabuki Kades Keliobar, rencana pembangunan monumen ini tetap akan berjalan sesuai kesepakatan, Ujarnya.

Di tempat terpisah, Johanis Temin Kades Temin mengatakan bahwa keinginan membangun monumen moyang Bairia ini bisa terlaksana karena adanya kerjasama yang baik Pemdes Temin, Weratan dan Keliobar dengan para tua-tua adat. Sehingga proses pembahasan secara adat telah selesai dan kami siap membangun monumen sakral moyang Bairia ini, tegas Temin.
Anis Labobar.

Category: Uncategorized
author
No Response

Leave a reply "Monumen Moyang Bairia Akan Dibangun di Desa Temin Pulau Seira."