Akibat Ombak Besar, Dermaga Pelabuhan Dawelor Mengalami Kerusakan Serius.

Editor : Basa, 13/01/22

Tiakur, MBD, Kompas86.com. Masyarakat Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) meminta pemrintah pusat, agar secepatnya memperbaiki cawseway dermaga pelabuhan dawelor kecamatan dawelor- dawera Kabupaten MBD Propinsi Maluku. Kerusakan causeway tersebut, disebabkan besarnya ombak yang menghantam seluruh bagian dermaga causeway pada bulan desember 2021 sehingga sangat mengganggu aktifitas saat mudik jelang natal dan tahun baru lalu.

Kendati terjadi kerusakan yang cukup parah namun tidak menurunkan semangat dari masyarakat yang menggunakan jasa transportasi laut pada dermaga pelabuhan Dawelor tersebut. Kerusakan causeway
dermaga dawelor bukan baru pertama kali terjadi, namun itupun sudah perna terjadi pada tiga tahun lalu, bahkan ironisnya bahwa petugas kesyabandaran yang bertugas disana tidak perba melaporakan kondisi dermaga secara detail, sehingga dermaga ini ibarat anak ayam kehilangan induknya.

Sementra itu Kepala Desa Watuwei, Wardy Erlely yang dihubungi media ini melalui telpon seluler terkait kerusakan pada causeway dermaga dawelor tersebut mengatakan, jika saja pemerintah pusat dalam hal ini adalah Kementerian perhubungan di pusat dapat melihat nasib masyarakat didaerah ini, sebab masyarakat sendiri sudah susah apalagi pandemi covid 19 yang menjadi ancaman pereknomian saat ini, sangat dirasakan, ujar Erlely.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar pemerintah daerah melaui kepala kantor unit penyelenggara pelabuhan Kelas II Saumlaki yang menangani dermaga pelabuhan di sejumlah kecamatan kabupaten Maluku barat daya agar dapat menunjukan kinerja yang maksimal. mengingat sejumlah dermaga yang terletak di wilayah Pemerintah kabupaten MBD yang merupakan bagian yang tak terpisahkan dari masalah transportasi laut didaerah ini, sebab kalau dermaga tidak ada tentu sangat berdampak pada ekonomi masyarkat yang berada pada wilayah Kepulauan seperti Kabupaten MBD.

Sementara itu, Terkait laporan kerusakan cawseway dermaga dawelor tersebut, akan kami laporkan keatasan kami untuk ditindak lanjuti. Karena disini ada aturan dan mekanisme dalam mengajukan laporan terkait kerusakan tersebut akan di usulkan ditahun ini. Terangnya.
(Efer Makupiola).

Category: Uncategorized
author
No Response

Leave a reply "Akibat Ombak Besar, Dermaga Pelabuhan Dawelor Mengalami Kerusakan Serius."