Demi Menata Pantai Yang Bersih, Pemdes Lauran Akan Tertibkan Kandang Ternak Milik Warga.

example banner

 

Editor : 11/05/22  -- 

Saumlaki, Tanimbar, Kompas86.Com.
Pemerintah Desa Lauran, Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku, dalam waktu dekat akan menertibkan beberapa lokasi peternakan terutama yang berada di pantai sehingga dapat memberikan aroma sehat bagi masyarakat di desa berjuluk Lauran Kote tersebut.

Demikian dikatakan Kepala Desa Lauran Stanislaus Kenjapluan SE kepada media ini saat ditemui di kantor desa Lauran , Rabu, (11/5/2022). Diakui bahwa, masyarakat saat ini sangat sulit untuk diatur, namun sebagai Kades saya tetap melakukan penertiban lokasi lokasi tertentu demi menjaga timbulnya bau tidak sedap pada musim hujan karena sangat berdampak pada terganggunya kesehatan bagi masyarakat sekitarnya, ungkap Kenjapluan.

Dikatakan, pemerintah Desa telah menyiapkan lokasi khusus untuk peternakan babi yang merupakan omset terbesar pendapatan masyarakat desa Lauran, apalagi hal tersebut sangat menunjang masalah adat istiadat sebagai bagian yang tidak terlepas dari budaya masyarakat tanimbar yang sangat melekat pada hukum adat Duan Lolat di daerah ini, tambahnya.

Ditanya soal lokasi yang telah disiapkan, kades termuda di Tanimbar Selatan ini katakan, lokasi itu berada pada jangkauan yang tidak terlalu jauh dari desa sehingga dalam kondisi cuaca apapun tidak mengganggu masyarakat, dan direncanakan pada bulan Juli - Agustus semua ternak yang berada di pantai sudah dapat di efakuasi ketempat yang telah ditentukan tersebut.

Untuk itu lanjut kades, dan setelah semua ternak dipindahkan ke lokasi tersebut, maka pantai akan dibersikan untuk dijadikan tempat rekreasi bagi kaum muda dan masyarakat sehingga tidak ada lagi yang berkeliaran di jalan umum atau jalan utama desa. Ini awal dari upaya untuk membuat penertiban umum di dalam desa, sehingga diharapkan kedepan desa Lauran akan menjadi desa yang bersih dan aman, tegas Kenjapluan.
(Agus Masela)

Category: Nasional
author
No Response

Leave a reply "Demi Menata Pantai Yang Bersih, Pemdes Lauran Akan Tertibkan Kandang Ternak Milik Warga."