Kanwil BPN Jatim, Menyambut Jajaran Pengurus LAI Komando Garuda Sakti Jawa Timur

SURABAYA(JATIM)KOMPAS86.COM

Sehubungan dengan maraknya mafia tanah di Provinsi Jatim pengurus Lembaga Aliansi Indonesia Divisi Komando Garuda Sakti DPD Jatim mendatangi Kantor Kanwil Jatim yang terletak di Jalan Gayungan Kebonsari 60 Surabaya pada hari Senin (15/11/2021).

Kedatangan pengurus DPD Jatim membahas tentang banyaknya perkara sengketa tanah dan mafia tanah serta pungli yang ada di wilayah Jawa Timur.

Hadir dalam rapat dari Kanwil BPN Jatim Kabid Pengendalian dan Penanganan Sengketa Bapak Aria di dampingi oleh Bapak Eko W Koordinator Perkara Sengketa dan Andi Koordinator SKP

Serta dari Komando Garuda Sakti yaitu Sugeng sebagai perwakilan ketua KGS (Komando Garuda Sakti) dan semua pengurus KGS.

Menindak lanjuti Instruksi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo saat melantik Kabinet Kerja, Presiden mengajak semua pejabat tinggi negara TNI, Polri dan masyarakat Indonesia, mari bersama sama '' STOP " dan cegah pungutan liar, Korupsi, Kolusi. Nepotisme, terorisme dan narkoba serta mensejahterakan rakyat tertinggal dan termajinalkan.

"Perkenankanlah kami Lembaga Plat Merah (Pengurus DPD Jatim) dari Komando Garuda Sakti yang membidangi kegiatan yang berkaitan dengan mafia tanah dan satgas saiber pungli yang misi kami membantu pemerintah dan berperan aktif dalam pembangunan khususnya pilar-pilar sebagaimana tersebut demi tegaknya NKRI, Pancasilais yang berkeadilan dan bermartabat" ucap Sugeng Kurniawan.

"Berdasarkan petunjuk teknis pencegahan dan pemberantasan mafia tanah, oleh dirjen penanganan masalah Agraria pemanfaatan ruang dan tanah, serta UU NO 5 tahun 1960 tentang peraturan dasar pokok-pokok Agraria dan PP NO 24 tahun 1997 tentang pendaftaran tanah, maka kami (pengurus DPD Jatim Komando Garuda Sakti) bermitra dan bekerja sama dalam rangka sosialisasi dan penyelesaian sengketa tanah yang masih marak terjadi di wilayah Jawa Timur" kata Sugeng Kurniawan dalam sambutannya sebagai narasumber mewakili KGS.

Dalam rapat Kabid penanganan Bapak Aria memberikan ruang kepada Lembaga Aliansi Indonesia divisi Komando Garuda Sakti untuk bermitra karena berpayung hukum. dan memberikan teknis-teknis atau masukan.

"Kegiatan pelaksanaan di daerah itu ada anggaran pelaksanaan yaitu dari pusat selama lembaga ini berpayung hukum" ucapnya.

"Kemudian hal-hal yang lain atau penanganan apakah itu masuk dalam tim penanganan atau dalam tim pencegahan saiber pungli atau mafia tanah?.

Kalau memang ada ""MOU "" dan di tindak lanjuti dengan PKS ( perjanjian kerja sama ) tidak masalah" kata Aria.

Kanwil BPN juga bekerja sama dengan Polda Jatim, Kejaksaan, Pemda baik itu Propinsi atau Kabupaten Daerah.

"GPRA (Gugus Tugas Reforma Agraria) adalah merupakan tim di tingkat provinsi dan disinilah semua penanganan di dalam hal masalah mafia tanah adalah sebagai pintu tindak lanjut.'tegas Aria.

 

Jurnalis : Daniel

Publish : Andi

Category: Daerah, Hukum, NasionalTags:
author
No Response

Leave a reply "Kanwil BPN Jatim, Menyambut Jajaran Pengurus LAI Komando Garuda Sakti Jawa Timur"