Imbas Pembuatan Tanggul Tambak, Para Petani Laren Terancam Gagal Panen

LAMONGAN(JATIM)KOMPAS86.COM

Hampir tujuh tahun petani di Desa Dateng, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan selalu mengalami gagal panen disaat musim penghujan. Hal itu diakibatkan karena luapan air yang tidak bisa masuk dengan lancar ke area waduk Jabung (ride bike). Walaupun waduk jabung sudah memiliki 4 pintu air yang disediakan untuk menampung masuknya air kedalam waduk.

Terpantau aliran air yang masuk kedalam waduk Jabung terhalang oleh adanya tanggul tambak yang berada di dalam waduk tersebut, sehingga air tidak bisa langsung masuk ke waduk karena terhalang oleh tanggul-tanggul tersebut.

Ketua Gapoktan Desa Dateng menginformasikan sudah beberapa kali melakukan mediasi kepada Dinas Pengairan maupun pihak BBWS Bengawan Solo di kantor pusat tapi tidak ada tanggapan bahkan tidak ditemui. 

Pihak Gapoktan sendiri selalu mencoba berkoordinasi meskipun melalui telepon seluler itupun juga tidak ada tanggapan.

“Setiap kali hujan datang maka lahan sawah yang luasnya hampir 100 hektar ini beruban menjadi lahan penampungan air. Dan berimbas pada rusaknya tanaman padi para petani ini.”kata ketua Gapoktan Rabu (17/11/2021).

Sebagai ketua Gapoktan Budi Luhur Desa Dateng Karto Suharjo mengaku bahwa saat ini para petani terpaksa harus kembali merugi karena tanaman padi yang baru berumur sebulan ini hanyut diterjang air.

Kepala Desa Dateng Imqori S. Pd saat dihubungi lewat pesan WhatsApp mengatakan kalau pihak pemerintahan Desa Dateng sudah mengupayakan beberapa kali ke pihak terkait untuk mencari solusi agar warganya tidak terus merugi. "Tapi, sampai saat ini pun tidak pernah ada solusi yang terbaik untuk permasalahan ini" Katanya.

Sementara Ahmad Rois, menginformasikan salah seorang dari BBWS saat dihubungi melalui pesan WhatsApp nya menyampaikan:

“Mohon maaf saya tidak berwenang dalam menanggapi hal terkait, silahkan ajukan pengaduan dalam berbentuk surat,” jawabnya seperti yang tertulis di WhatsApp pada Kamis (18/11/2021).

Salah seorang petani yang tidak mau disebutkan identitasnya berharap kepada Pemerintah agar kebijakannya berpihak pada petani agar para petani tidak mengalami gagal panen seperti yang selama ini di alaminya..(Cak Wan)

 

Publish : Andi

Category: DaerahTags:
author
No Response

Leave a reply "Imbas Pembuatan Tanggul Tambak, Para Petani Laren Terancam Gagal Panen"