Aksi Demo Di Depan Kantor Bupati Jepara

0 92

 

 

Jepara Jateng-kompas86.com

Massa dari berbagai serikat pekerja di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menggelar demo di depan Kantor Bupati hari ini. Mereka sempat melakukan sweeping dan long mach dari berbagai perusahaan. Bahkan sempat dilakukan sweeping yang untuk mencari tambahan massa.

Pantauan KOMPAS86.com, ribuan buruh memadati Jalan Kudus-Jepara di Kecamatan Mayong, pagi tadi sekitar pukul 08.30 WIB. Para pekerja pun terlihat melakukan sweeping untuk mencari para pekerja lain yang masih masuk kerja. Sedangkan di sepanjang jalan Kudus-Jepara itu memang terdapat banyak perusahaan besar.

"Hidup buruh," seru seorang orator saat melakukan sweeping di sejumlah perusahaan di Jepara, Jumat (26/11/2021).

Ribuan buruh pun bersama-sama melakukan long mach menuju Kantor Bupati Jepara. Tampak petugas kepolisian pun berjaga mengawal long mach buruh.

Sedangkan suasana di depan Kantor Bupati Jepara terdapat polisi yang berjaga. Tampak kendaraan mengurai massa pun berjaga di depan kantor Bupati Jepara.

Dalam aksi tersebut ribuan buruh itu protes terkait kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di Jepara yang dinilai sangat rendah. UMK Jepara tahun 2022 diusulkan naik Rp 1.403 berdasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Nominal itu setara naik 0,06 persen dari UMK tahun 2021 Rp 2.107.000. Dengan demikian, UMK Kabupaten Jepara tahun 2022 diusulkan sebesar Rp 2.108.403.

ada ratusan personel gabungan yang disiagakan mengamankan aksi tersebut. Personel pengamanan sekitar 350 gabungan dari Polsek jajaran, Kodim, Satpol PP Dishub.

(Rud)

Category: Daerah
author
No Response

Leave a reply "Aksi Demo Di Depan Kantor Bupati Jepara"